Konveksi semarang 085727114300
Ratakan 728x90
Home » Sulam » Sejarah Sulam

Sejarah Sulam

Dec
25
2014
by : konveksi semarang . Posted in : Sulam
Banner ID 468x60

sulam-benangOke, para netters yang budiman, kembali lagi kita berbagi ilmu dan informasi kepada anda supaya wawasan tentang clothing kita makin mantap. Pada kesempatan ini kami konveksikaossemarang.com akan memberikan tentang sejarah sulam di negeri ini. Apa itu sulam? Sulam sama saja dengan bordir. Pada sebelumnya kemarin juga sudah pernah menyinggung tentang itu mengenai bordi, nah sekarang kami konveksikaossemarang.com akan menceritakan dalam tulisan ini sedikit tentang sejarah sulam.

Sulam merupakan suatu seni persembahan rekabentuk kreatif menggunakan tangan atau mesin, yang mana telah lama bertapak di dalam kehidupan manusia, iaitu hampir seusia dengan pakaian itu sendiri. Terdapat bukti-bukti yang menunjukkan orang – orang Mesri Purba, Babylon, Phoeniciadan Yahudi telah lama mengaplikasi seni sulaman untuk menghias pakaian mereka. Kaum Moor juga menghiasai kebanyakan pakaian mereka dengan sulaman. Kaum Moor mempunyai stail yang tersendiri pada corak sulaman mereka yang mana telah berkembang ke Negara-negara lain seperti Sepanyol dan kepulauan Sicily. Teknik dan corak sulaman kaum Moor juga telah mempengaruhi banyak Negara-negara Eropa yang lain. Hasil kerja sulaman yang tertua, yang masih wujud hingga kini, bertarikh pada zaman pertengahan, dimana seni sulaman seringkali digunakan pada pakaian-pakaian paderi. Selain itu, seni sulaman juga adalah simbol kepada kemewahan, dimana hanya pedagang dan golongan elit sahaja yang mampu membayar sejumlah wang yang besar keatas pakaian yang bersulam.

Di Nusantara ini sudah lama sekali keterampilan sulam sudah ada. Keterampilan ragam hias sulam atau bordir sudah sejak lama di Indonesia, diperkirakan sudah ada sejakabad ke-18 M, bahkan sudah mulai dikembangkan dalam bentuk tradisional pada abad e-16 M. Pada waktu itu, border atau sulaman diperkenalkan hampir keseluruh pelosok nusantara. Pada saat itu , bordir atau sulaman diperuntukkan bagi inisial kerajaan dan untuk menghias busana para bangsawan dan kaum ningrat. Dalam masyarakat Melayu sendiri, seni sulaman juga banyak mempengaruhi kehidupan seharian, terutama bagi kaum wanita.
Baju kebaya,baju kurung mahupun tudung seringkali menggunakan seni sulaman sebagai hiasan tambahan yang menambahan lagi seri dan kecantikan produk tersebut.

jenis-jenis-benang-sejarah-sulam

 Awal perkembangannya ada di profinsi kepulauan riau. Kerajinan sulaman sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat Melayu Riau. Pada masa kerajaan dahulu, anak-anak dara sudah mengerjakan kerajinan sulaman ini. Dari mana asal perkembangannya belum ada pengkajian yang mendalam. Dan masih belum lengkap pula informasi yang kami dapatkan.

 Istilah bordir identik dengan menyulam, karena kata “Bordir” diambil dari istilah Inggris “Embroidery” yang artinya sulaman. Di Indonesia ada juga yang membedakan antara sulam dan bordir. Sulam lebih ke kerajinan tangan manual, dan bordir lebih ke modern mesin.

 Di Provinsi Riau secara khusus sulam sulam atau bordir yang memiliki nuansa Melayu diperkenal kan oleh perajin, Ibu Martini Sucipto, pada tahin 1990. Pada saat itu Ibu Martini mengembangkan sulam atau bordir dengan motif Melayu. Ciri khasnya terlihat pada motif yang menggunakan ragam hias pucuk rebung, siku keluang, dan lain-lain. Usaha bordir yang bernuansa melayu tersebut bernama “UBAR” atau Usaha Bordir Ali Riau. Sejak saat itu, bordir dikembangkan  didaerah lain, meskipun masih terpengaruh oleh budaya setempat. Dan semakin lama merambah samapi jawa tenngah dan ke timur terus.

Itu informasi dari kami konveksikaossemarang.com tentang sejarah sulam sampai ke negri ini. Terus kunjungi kami untuk mendapatkan info-info dunia Clothing, semoga bermanfaat untuk kita semua. Salam hangat dari kami konveksikaossemarang.com.

Tutorial Adwords 336x280

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

WP SmartCounter 300x250
VPS Mania 300x250

Leave a Reply

Customer Service

ym1

Mau Berlangganan Artikel ?

Masukkan nama dan email disini !

Recent Comments

    Konveksi Semarang

    June 2017
    M T W T F S S
    « Dec    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  
    Konveksi Kaos Semarang
    Jalan Sapta Prasetya Utara VIII no 32 Pedurungan Kidul Semarang Timur
    Phone 085691566874
    Copyright © 2012