Konveksi semarang 085727114300
Ratakan 728x90
Home » Sablon » Sejarah Sablon

Sejarah Sablon

Dec
23
2014
by : konveksi semarang . Posted in : Sablon
Banner ID 468x60

sablon-kaos-konveksikaossemoc085727114300Sablon merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita, banyak atribut yang kita pakai yang menggunakan teknik sablon. Sablon membuat menarik pada pakaian yang dikenakan oleh para pemakainya, dengan gambar yang ia suka, maka si pemakai akan bangga memakainya yang sekaligus sebagai identitas mereka. Sekarang bargaimana itu bisa menarik? Dan mulai kapan sablon ada di dunia ini?

Nah, sedikit pengetahuan untuk pecinta sablon, kami konveksikaossemarang.com mau berbagi kepada anda tentang sejarah sablon di dunia ini.

Pertama kali sablon muncul dari negeri bambu, china pada zaman Dinasti Song (960 – 1279 M). Di matahari terbit atau negeri sakura alias jepang. Cetak sablon merupakan bagian dari teknik cetak yang dikembangkan oleh Yuzenzai Miyasaki pada tahun 1654-1736 dan Zikukeo Hirose pada tahun 1822-1890. Pada awalnya cetak sablon dikembangkan untuk mencetak kimono yang merupakan pakaian khas Jepang yang memiliki banyak motif, Sablon kimono itu dilatarbelakangi oleh kaisar jepang yang melarang penggunaan kimono yang dibuat dengan tulisan tangan.  Alasan Kaisar tersebut karena tingginya harga kimono motif tulisan tangan yang beredar di pasar. Dengan keluarnya kebijakan tersebut harga kimono dapat ditekan, dan kimono motif sablon mulai banyak di di gunakan oleh masysrakat jepang.

Lama kelamaan semakin merambah ke daratan Eropa. Sejarah sabloh mencatat tahun 1851-1862 dan kemudian pada tahun 1868 Joseph Swan mendirikan atau menemukan produk autotype. Pada tanggal 11 Juli 1907 Samuel Simmon yang berkebangsaan Inggris mendapatkan hak patentnya untuk teknik cetak sablon. Teknik sablon yang dibuat menggunakan Chiffon sebagai pola (form) untuk mencetak. Chiffon merupakan bahan rajut yang terbuat dari gasa atau kain saring. Gambar yang tercetak akan mengikuti pola gambar yang ada pada kain gasa. Itu sebabnya teknik ini dikenal dengan sebutan silk screen printing yang berarti mencetak dengan menggunakan kain saring sutra. Dalam sejarah sablon di era 30an, sekumpulan seniman sablon di Inggris mendirikan Perkumpulan Serigrafi Nasional (National Serigraphic Society), yang awalnya dikenal dengan nama Serigrafi pada tahun 1930. Hal ini dibuat untuk membedakan seniman yang berkarya di bidang seni dengan menggunakan penyablonan, dengan mereka yang bergerak di bidang sablon untuk kepentingan industri komersial. Serigrafi sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu ‘Seri’ (sutra), dan bahasa Yunani ‘Graphein’ (menulis atau menggambar). Seorang seniman bernama Andy Warhol merupakan salah satu nama yang berjasa besar dalam memperkenalkan teknik penyablonan yang berkaitan dengan istilah serigrafi tersebut. Warhol sangat dikenal dengan karyanya pada tahun 1962, yaitu gambar Marilyn Monroe yang dicetak dengan menggunakan warna – warna yang mencolok. Pada era itu, Warhol pun mempopulerkan aliran seni visual baru ciptaannya sendiri, yang biasa dikenal dengan istilah Pop Art.

Sejarah sablon berkembang sampai ke negeri pamansam Amerika Serikat sehingga pada tahun 1924 pertama kalinya proses cetak sablon dilakukan di atas bahan tekstil dan kemudian pada tahun 1946 MC Kornick dan Penney menemukan mesin cetak sablon. Pada tahun 1960, seorang wirausahawan sekaligus seniman dari Amerika bernama Michael Vasilantone, mengembangkan suatu mesin sablon rotary untuk lebih dari satu warna serta mematenkannya. Mesin penyablonan tersebut pada awalnya diproduksi untuk mencetak logo dan tulisan pengenal untuk kaos pada klub bowling. Namun pada akhirnya lebih dikembangkan lagi sebagai suatu solusi baru dalam mencetak

Sesudah perang Dunia kedua, teknik cetak saring terus berkembang pesat. Inovasi-inovasi terus dilakukan hingga memunculkan genre baru yaitu teknik cetak saring moderen. Namun, teknik dasar yang di gunakan cetak saring tetap sederhana, mudah, dan murah untuk di praktekan. Karenanya, selama bertahun-tahun, pandangan orang pada teknik saring ini tetap sama, yakni usaha sambilan tetapi menghasilkan.

Sampai saat sekarang ini perkembangan sablon sudah sangat pesat berkembang dan menjamur di seluruh dunia.

Kami konveksikaossemarang.com bergerak di bidang tersebut, dari beberapa teknik sablon terbaik kami lakukan untuk memproduksi barang yang berkualitas dan memuaskan para pelanggan. Dan kami tunggu anda untuk membuktikan tentang kualitas kami.

Tutorial Adwords 336x280

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

WP SmartCounter 300x250
VPS Mania 300x250

Leave a Reply

Customer Service

ym1

Mau Berlangganan Artikel ?

Masukkan nama dan email disini !

Recent Comments

    Konveksi Semarang

    April 2017
    M T W T F S S
    « Dec    
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    Konveksi Kaos Semarang
    Jalan Sapta Prasetya Utara VIII no 32 Pedurungan Kidul Semarang Timur
    Phone 085691566874
    Copyright © 2012